Ratu Eka Bkj dan NewzEka, (Queen Regnant of Cyberpreneur)

(Queen Regnant of Cyberpreneur) Pelopor Gerakan Idealis dan Humanis

Breaking

Thursday, December 2, 2021

Makna Lambang Pancasila Sebagai Dasar Negara, Wujudkan Nasionalisme Anda!

Lambang Pancasila


Penulis_@Ratu Eka Bkj

CEO, Owner, Founder “EKA BKJ”



RATU EKA BKJ  - Lambang Pancasila tercantum berbagai simbol yang penuh dengan makna. Tentunya, sangat penting untuk kita pahami. Mengapa? Karena, mengandung pesan tersirat yang berhubungan dengan ideologi Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia. Pastinya, berkaitan dengan lima sila. Diantaranya seperti: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.


Simbol Pancasila wajib dimengerti bagi seluruh warga negara Indonesia. Pasalnya, amanat yang terkandung dapat menguatkan nilai nasionalisme dan patriotisme. Dengan begitu, kecintaan kita terhadap bangsa ini dapat meningkat. Sehingga, terhindar dari berbagai penyimpangan ideologi yang berbahaya bagi kerukunan. Terlebih, mampu mengarahkan gerakan politik yang lebih selaras dengan cita-cita bersama dan keadilan. Agar tercapai kesejahteraan dan kemajuan, tanpa penindasan. Oke Guys, untuk lebih jelasnya langsung cek berikut penjelasan Ratu Eka Bkj terkait makna-makna dari Lambang Pancasila!


  1. Lambang Pancasila: Pohon Beringin

Pohon Beringin berada di sebelah kiri gambar bintang. Berguna sebagai dasar persatuan Indonesia, karena simbol dari lambang Pancasila ketiga. Melambangkan untuk tempat berlindung maupun berteduh. 


  1. Lambang Pancasila: Bintang

Bintang menjadi simbol ilustrasi dari nilai Ketuhanan Yang Maha Esa. Gambar dengan warna kuning yang memiliki lima sudut. Berlatar belakang warna hitam yang berada di tengah perisai. Mengandung makna sebagai bangsa yang mengedepankan religiusitas. Artinya, beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan kepercayaan masing-masing pemeluknya. 


  1. Lambang Pancasila: Padi dan Kapas

Padi dan Kapas menyimbolkan sila Pancasila kelima mengenai, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Menggambarkan nilai terkait kemakmuran dan kesejahteraan. Posisi peletakannya berada di kanan bawah dari gambar bintang. 


  1. Lambang Pancasila: Rantai

Dasar kemanusiaan yang adil dan beradab pada sila kedua, disimbolkan dengan lambang Rantai. Bergambarkan 17 rantai yang tersambung dan tidak terputus. Mempunyai arti sebagai generasi penerus yang akan turun-temurun. 


  1. Lambang Pancasila: Kepala Banteng

Terakhir, simbol Kepala Banteng melambangkan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Sebagai dasar Pancasila keempat. Kepala Banteng berada di sebelah kanan dari  gambar Bintang, dimaknai sebagai kekuatan rakyat. 



Bagaimana Guys, sekarang Anda sudah tahu bukan terkait makna Lambang Pancasila dan Simbol Pancasila? Tentunya, menjadi wawasan penting bagi Anda terkait nasionalisme dan patriotisme. Supaya menambah kecintaan kita kepada Negara Indonesia. Terlebih, dapat memaknai setiap ideologi yang terkandung di dalamnya. Begitupun terkait pesan mendalam yang diwariskan oleh para Ibu/Bapak Bangsa. Oke Guys, sekian dari Ratu Eka Bkj dan terima kasih. Jangan lupa, tinggalkan pendapat kalian di kolom komentar. Bagi Anda yang memerlukan jasa penulisan konten, SEO dan backlink, pembuatan serta development website dapat menghubungi EKA BKJ Solusi Kerjasama!







DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO



No comments:

Post a Comment