Ratu Eka Bkj dan NewzEka

Pelopor Gerakan Idealis dan Humanis

Breaking

Thursday, December 2, 2021

Jenis Konjungsi Lengkap Dengan Pengertian dan Contohnya, Buat Kalimat Jadi Tepat!

Konjungsi

Penulis_@Ratu Eka Bkj

CEO, Owner, Founder "EKA BKJ" 



RATU EKA BKJ - Apa itu Konjungsi? Mungkin, sebagian dari Anda mempertanyakan maksudnya. Terutama, bagi kalian yang masih Siswa dan mendapatkan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Atau, justru untuk para Mahasiswa yang sedang mengambil jurusan Linguistik. Bahkan, bagi masyarakat umum sesuai dengan profesinya masing-masing tentu penting memahami topik ini.


Pasalnya, Konjungsi merupakan kata hubung dalam sebuah kalimat. Menjadi teoritis di bidang language and writing. Sehingga, sangat penting untuk dipahami oleh siapapun. Agar bisa menulis dengan enak dibaca, tepat penyampaian maknanya, dan tidak ambigu. So, untuk lebih jelasnya Ratu Eka Bkj akan sampaikan jenis-jenis Konjungsi berikut ini langsung cek Guys! 


  1. Konjungsi Jenis Perbandingan

Konjungsi Perbandingan merupakan kata hubung yang berguna untuk membandingkan suatu hal. Diantaranya: Bagaikan, seperti, seakan-akan, daripada, ibarat, semisal, analoginya, bagai, umpama, misalkan.

Contoh:

"Wajahmu memang tampan, bagaikan Ariel Noah"


  1. Konjungsi Jenis Disjungtif atau Pilihan

Konjungsi Disjungtif adalah kata hubung yang digunakan untuk menghubungkan dua unsur setara dengan cara memilih salah satu dari hal tersebut. Diantaranya: atau, ataupun, entah, maupun.

Contoh:

"Saya bingung memilih dia atau kamu."


  1. Konjungsi Jenis Aditif atau Gabungan

Konjungsi Aditif ialah kata hubung yang berfungsi untuk menghubungkan dua klausa dan kalimat yang mempunyai kedudukan sejajar. Misalnya: dan, serta, beserta. 

Contoh:

Andien dan Juna sedang pergi makan malam di restoran bintang lima.


  1. Konjungsi Jenis Pertentangan

Konjungsi Pertentangan yaitu kata hubung yang berfungsi menghubungkan dua kalimat sejajar dengan saling dipertentangkan. Misalnya: Namun, tetapi, sebaliknya, sedangkan, melainkan, padahal, akan tetapi. 

Contoh:

Saya passion di bidang bisnis, namun tidak suka di bagian pembukuannya. 


  1. Konjungsi Jenis Waktu atau Temporal 

Konjungsi Waktu atau Temporal merupakan kata hubung yang berfungsi untuk, menghubungkan waktu dengan dua hal atau peristiwa yang terjadi baik sejajar maupun tidak. Seperti: Semenjak, sejak, sesudah, setelah, sebelum, selama, sampai, ketika, hingga, tatkala, demi, apabila, bilamana, demi, hingga, sambil. 

Contoh:

"Sejak jumpa pertama kali, saya langsung jatuh cinta denganmu."


  1. Konjungsi Jenis Final atau Tujuan

Konjungsi Final adalah kata hubung yang berguna untuk menghubungkan dan menjelaskan peristiwa maupun tindakan dengan berorientasi pada tujuan. Seperti: Agar, supaya, guna, untuk.

"Saya memutuskan berbisnis agar mencapai kemandirian ekonomi dan membuka lapangan kerja."


  1. Konjungsi Jenis Kausal atau Sebab

Konjungsi Kausal merupakan kata hubung yang digunakan untuk menjelaskan penyebab terjadinya suatu peristiwa. Diantaranya: Karena, pasalnya, sebab, oleh sebab itu, sebab itu, disebabkan, dikarenakan.

Contoh:

"Saya menjadi cerdas karena gemar berliterasi."


  1. Konjungsi Jenis Konsekutif atau Akibat

Konjungsi Konsekutif yaitu kata hubung yang berguna untuk menghubungkan dan menjelaskan peristiwa dengan sebab tertentu. Seperti: Sehingga, sampai, akibatnya, jadi, maka. 

Contoh: 

"Budi malas belajar, sehingga nilai raport kelasnya merah."


  1. Konjungsi Jenis Kondisional atau Syarat 

Konjungsi Kondisional merupakan kata sambung yang berfungsi untuk menghubungkan suatu kejadian dengan syarat-syarat tertentu. Diantaranya: Bila, jika, bilamana, jikalau, apabila, kalau, asalkan.

Contoh:

"Jika ingin sukses harus bekerja cerdas."


  1. Konjungsi Jenis Tak Bersyarat

Konjungsi Tak Bersyarat artinya kata sambung yang berfungsi untuk menjelaskan sebuah kejadian tanpa adanya syarat-syarat tertentu. Diantaranya: Walaupun, biarpun, meskipun.

Contoh:

"Walaupun Eka jarang belajar, dia tetap cerdas."




Bagaimana Guys, sekarang kalian sudah tahu bukan tentang Konjungsi? Pastinya, sangat penting buat Anda pahami dalam dunia penulisan dan konten. Karena, ini berbasis ilmu linguistik yang berguna untuk kata penghubung. Supaya kalimat yang Anda buat menjadi tepat dan tidak ambigu. Oke Guys, sekian dari Ratu Eka Bkj dan terimakasih. Jangan lupa, tinggalkan jejak di kolom komentar. Bagi Anda yang memerlukan jasa penulisan konten, SEO, pembuatan dan development website dapat menghubungi EKA BKJ Solusi Kerjasama!







DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO



No comments:

Post a Comment